Thursday, April 26, 2018

Manfaat cabai untuk kesehatan

| 8:55 AM |
Manfaat cabai untuk kesehatan
Artikel zombie
Siapa sih yang tidak kenal cabai, ya buah/sayur dengan ciri khas rasa pedas ini sebagian orang banyak menyukainya. Cabe adalah adalah buah atau sayur yang masuk kedalam anggota genus Capsicum. Buah cabai dapat dikategorikan sebagai sayuran ataupun bumbu masakan. Buah ini sangat terkenal sekali diasia tenggara, dan terutama DiIndonesia. DiIndonesia sendiri cabai sering digunakan sebagai bumbu masakan, karena rata rata masakan DiIndonesia identik dengan rasa pedas.

DiIndonesia harga cabai tidak selalu stabil, kadang harganya murah dan kadang juga harganya melambung tinggi. Ya semua itu dikarenakan Indonesia adalah iklim tropis, dimana saat musim penghujan tanaman cabai mudah diserang hama sehingga hasilnya pun sendikit dan stock cabai rendah sedangkan permintaan pasar sangat tinggi sehingga harganya pun melambung tinggi.

Kebanyakan orang mengira bahwa cabai hanya berguna untuk membuat sambal atau sebagai bumbu masakan saja. Namun selain itu ternyata didalam cabai mengandung beberapa zat yang bermanfaat untuk tubuh, dan berikut beberapa manfaat cabai untuk kesehatan.



1. Menambah nafsu makan

Bagi seseorang yang suka akan rasa pedas tentu jika makan ingin selalu ada sambal atau cabai sebagai pelengkapnya. Terkadang jika makan hanya berlauk ikan atau tempe tidak begitu berselera untuk makan, namun setelah ada sambal yang menemani bisanya seleranya akan meningkat. Untuk itu cabai berguna dalam menambah nafsu makan bagi seseorang yang suka rasa pedas.

2. Mempercepat penyembuhan luka

Tahukah anda bahwa ternyata cabai merah beguna untuk mempercepat penyembuhan luka lho, mungkin kebanyakan orang mengira bahwa jika jari kita tergores lalu mengeluarkan darah dan diberi cabai maka akan semakin sakit. Padahal justru jika terjadi luka dan diberi cabai maka darah akan cepat berhenti dan luka akan cepat kering, semua itu dikarenakan zat capsaicin yang terkandung pada cabai. Caranya cukup mudah, cabai merah dijemur hingga kering kemudian ditumbuk hingga halus dan ditaburkan pada luka.

3. Mengatasi Diabetes
Tingkat insulin didalam tubuh yang tinggi erat kaitannya dengan timbulnya penyakit diabetes tipe 2. Untuk itulah mengkonsumsi cabai secara teratur dapat mengatasi hal tersebut, Peptida yang ada pada cabai dapat mendorong hati supaya lebih mampu terhadap kelebihan insulin.

4. Melancarkan pencernaan
Mengkonsumsi cabai secara berlebihan tentu tidak baik untuk kesehatan pencernaan jika tidak kuat, pasalnya dapat membuat kotoran kita menjadi sangat encer dan sering buang air besar. Namun jika cabai dikonsumsi secara teratur dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan dapat memperlancar sistem pencernaan, ya karena cabai juga mengandung serat.

5. Meredakan sakit kepala

Ternyata cabai juga bermanfaat dalam meredakan sakit kepala lho, anda dapat mengkonsumsi capai secukupnya saja agar sakit kepala menjadi reda. Karena cabai mengandung zat yang berguna untuk meredakan rasa nyeri.

6. Meredakan nyeri gigi

Selain berguna untuk meredakan sakit kepala cabai juga berguna meredaka nyeri pada gigi. Anda bisa memanfaatkan cabai untuk mengobati rasa nyeri pada gigi.

7. Melancarkan Pernafasan

Cabai mengandung zat Capsaicin, diamana zat tersebut tidak hanya berfungsi untuk mengurangi rasa sakit saja, namun rasa panas serta pedasnya juga dapat memicu sekresi yang dapat membantu mengeluarak lendir dari hidung dan dapat membantu mengatasi paru-paru sesak.

Selain 7 manfaat cabai untuk kesehatan tersebut, diketahui bahwa cabai juga bermanfaat untuk mengurangi pegal pegal, menencegah kanker dan sebagai sumber vitamin C yang banyak.

Baca juga: memenfaatkan teras rumah untuk menanam cabai

No comments:

Post a Comment

Back to Top