Friday, May 11, 2018

Manfaat sinar matahari dipagi hari

| 8:27 AM |
Sinar matahari dipagi hari memang nyaman dirasakan, dan apalagi jika suhu udara dipagi hari sangatlah dingin. Banyak sekali masyarakat yang memanfaatkan sinar matahari dipagi hari untuk menghangatkan tubuh mereka, selain nyaman ternyata mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan. Dan berikut beberapa manfaat sinar matahari pagi sebelum jam 8 bagi kesehatan tubuh kita.

manfaat sinar matahari pagi


Kesehatan tulang

Perlu anda ketahui bahwa sinar matahari pagi memngandung vitamin D. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Vitamin D sangat berguna dalam menguatkan otot dan tulang, dengan otot dan tulang yang kuat tentunya kita dapat mencegah penyakit osteoporosis. Penyakit osteoporosis sendiri merupakan penyakit yang menyerang tulang, dan biasanya dialami oleh usia lanjut. Maka dari itu kita dapat memanfaatkan sinar matahari pagi untuk mencegah penyakit tersebut.

Mencegah diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang  mematikan yang banyak diderita oleh orang orang diberbagai negara. Diabetes sendiri terjadi karena kadar gula dalam tubuh berlebih, akibat dari kerja hormon insulin yang tidak normal. Perlu anda ketahui bahwa berjemur selama 30 menit dipagi hari dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah yang berlebih, hal ini dapat kita lakukan setiap hari secara rutin dan teratur.

Menurunkan resiko Kanker

Kanker payudara dan kanker prostat merupakan salah satu penyakit kanker yang banyak diderita oleh masyakarat. Sinar matahari yang mengandung vitamin D dipercaya dapat menurunkan resiko terkena kanker tersebut. Selain itu kebiasaan pola hidup yang baik perlu kita terapkan supaya terhindar dari berbagai penyakit yang berbahaya.

Melancarkan sirkulasi darah
Dengan berjemur sinar matahari dipagi hari dapat membantu melebarkan pembuluh kapiler dalam tubuh, hal ini sangat berguna dalam membantu sirkulasi darah dan membuat oksigen serta nutrisi dapat mengalir kejantung secara maksimal. Dengan begitu tubuh kita akan menjadi lebih sehat, untuk itu berjemur pada sinar matahari pagi secara rutin dapat membantu kesehatan tubuh kita.

Mencegah dan mengatasi Depresi

Depresi bukanlah merupakan suatu penyakit, depresi merupakan suatu gangguan yang berhubungan dengan kesehatan jiwa seseorang. Gangguan depresi akan membuat seseorang lebih mudah marah, dan bahkan sering menyendiri. Selain pergi kpsikiater berjemur dibawah sinar matahari pagi juga dapat menantu menghilangkan depresi, hal ini dikarenakan dengan berjemur dibawah sinar matahari pagi dapat merangsang hormon endorfin dalam tubuh yang bisa menjadikan seseorang merasa lebih tenang serta bahagia.

Baik untuk bayi
Pada bayi yang masih kecil atau baru berumur beberapa Minggu dan bulan sangat sekali dianjurkan untuk berjemur sinar matahari pagi, hal ini dapat membuat bayi menjadi lebih sehat. Selain itu dengan berjemur pada sinar matahari pagi, bayi juga lebih terlibat segar dan cerah warna kulit tubuhnya.

Meningkatkan sistem imunitas tubuh
Sistem imun dalam tubuh merupakan suatu pertahanan tubuh dari bakteri atau virus jahat yang akan menyerang tubuh. Dengan berjemur dibawah sinar matahari matahari dipagi hari maka dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh, dengan begitu maka bakteri atau virus jahat tidak mudah menyerang.

Meningkatkan kualitas tidur

Perlu anda ketahui bahwa sinar matahari bisa mengaktifkan senyawa melatonin yang ada didalam tubuh, melatonin sendiri merupakan suatu senyawa yang berguna mengatur tidur dan letaknya didasar otak seseorang. Tidur adalah aktifitas yang mengistirahatkan tubuh agar bisa fit kembali, kurang tidur pun dapat berakibat buruk terhadap tubuh. Untuk itu dengan berjemur pada sinar matahari pagi dapat menjadikan kualitas tidur kita lebih baik/nyenyak, sehingga tubuh akan selalu sehat.

Itulah beberapa manfaat dari sinar matahari dipagi hari, berjemur dipagi hari memang nyaman dilakukan. Dan bahkan dapat mendatangkan manfaat yang begitu besar bagi kesehatan tubuh tanpa kita harus membayarnya. Demikian sedikit informasi singkat tentang manfaat sinar matahari dipagi hari, semoga bermanfaat.

Baca juga: ciri produk hajar jahanam asli

No comments:

Post a Comment

Back to Top