Friday, May 11, 2018

Manfaat temulawak untuk kesehatan dan kecantikan

| 8:36 AM |
Manfaat temulawak memang dari dulu hingga saat ini telah diakui oleh masyarakat luas akan khasiatnya yang berguna untuk masalah kesehatan. Dan tidak hanya untuk kesehatan saja, ternyata temulawak juga mempunyai kegunaan dibidang kecantikan. Dalam dunia kecantikan temulawak sering dibuat untuk kosmetik, diantaranya seperti sabun temulawak, cream temulawak, dan beberapa kosmetik lainnya dan salah satunya adalah produk roro mendut skincare.

manfaat temulawak


Temulawak merupakan sebuah tanaman yang dapat tumbuh subur dimana saja, tanaman ini mudah sekali tumbuh, dan bahkan tanpa ditanam dengan sengaja pun tanaman ini bisa tumbuh subur. Tanaman temulawak sering terlihat dikebun kebun kebun, entah ditanam secara sengaja atau tumbuh dengan sendirinya namun dia selalu terlihat tumbuh dengan subur.

Tanaman ini merupakan tanaman asli Indonesia, namun saat ini sudah mendunia karena kegunaan yang dimilikinya. Tak heran dinegara negara dia juga dibudidayakan, seperti di Malaysia, Philippine, Thailand dan negara tetangga tetangga lainnya. Tanaman ini masuk kedalam tanaman rimpang, yaitu tanaman yang akarnya bisa membesar dan mempunyai kegunaan. Selain berguna untuk masalah kecantikan temulawak juga berguna untuk masalah kesehatan, diantaranya adalah sebagai berikut.

Memelihara fungsi Hati
Mengurangi Radang atau rasa sakit pada sendi
Melawan serta mencegah penyakit Kanker
Membanru menurunkan dan menstabilka Lemak darah
Melancarkan serta mengatasi Masalah pada pencernaan
Melancarkan ASI
Meringankan masalah gangguan lambung
Mencegah resiko masalah pada gangguan empedu

Beberapa manfaat atau kegunaan temulawak untuk kesehatan maupun untuk kecantikan seperti diatas tentu tak lepas dari kandungan senyawa/zat yang dimiliki dari tanaman rimpang asli pulau Jawa Indonesia ini. Ya didalam akar rimpang tanaman temulawak terkandung beberapa kandungan yang berguna untuk kesehatan, diantaranya adalah vitamin E, karbohidrat, protein, minyak Atsiri, minyak lemak kurkuminoid, Kurkumin, P-toluilmetilkarbinol, seskuiterpenineral, besi, mineral, natrium, mangan, kadmium, kalium, dan magnesium.
   

No comments:

Post a Comment

Back to Top