Monday, April 30, 2018

Manfaat daun binahong untuk kesehatan

| 8:21 AM |
Binahong adalah salah satu tanaman herbal yang khasiatnya banyak diperbincangkan banyak orang untuk mengobati berbagai macam penyakit. Tanaman ini sangat terkenal daunnya yang sering dimanfaatkan semua orang untuk keperluan pengobatan alternatif. Dan saat ini tanaman ini sudah dikategorikan sebagai salah satu tanaman Fitofarmaka karena khasiatnya yang sudah diakui oleh POM untuk digunakan sebagai obat herbal.

Kandungan Zat dalam Daun Binahong


Banuak peneliti yang melakukan penelitian dan mengetahui beberapa kandungan senyawa pada daun binahong. Penelitian yang dilakukan tersebut diketahui bahwa daun binahong mengandung senyawa antara lain flavonoid, dan senyawa antioksidan lainnya.

Zat antioksidan :
Daun binahong mengandung zat anti oksidan alami  yang berguna untuk menagkal radikal bebas yang dapat memicu zat karsinogen, zat tersebut adalah zat yang dapat memicu sel kanker. Untuk itu mengkonsumsi daun binahong secara rutin, dipercaya dapat menurunkan resiko kanker.

Zat alkoloid
Selain anti oksidan daun binahong juga mengandung zat alkoloid, dimana zat ini sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Karena sifatnya adalah hipoglikemik yang dapat menurunkan kadar gula darah pada tubuh manusia.

Saponin
Saponin adalah zat yang berguna untuk menurunkan kadar kolestrol pada tubuh. Zat ini juga ada pada daun binahong.

Manfaat Daun Binahong Untuk Pengobatan




Dengan memanfaatkan daun binahong yang sudah dijadikan dalam bentuk kapsul atau memanfaatkan rebusan air daun binahong dipercaya dapat digunakan untuk pengobatan, dan berikut beberapa kondisi kesehatan yang dapat diringankan dengan daun binahong.

Kencing manis :
Daun binahong dapat kita manfaatkan untuk mengobati penyakit kencing manis. Caranya cukup mudah, siapkan daun binahong 10 lembar kemudian rebus dengan air secukupnya dan gunakan minum dipagi hari dan sore hari setiap hari.

Sesak nafas :
Selain untuk menyembuhkan kondisi kencing manis, daun binahong juga bermanfaat untuk meringankan sesak nafas. Cara memanfaatkanya pun tidak berbeda dengan diatas, yaitu dengan merebus daunya kemudian diminum secara rutin.

Selain kedua penyakit diatas daun binahong juga bermanfaat menyembuhkan berbagai macam penyakit serta meringankan beberapa kondisi sakit seperti menstabilkan tekanan darah, batuk, penyakit paru paru, diabetes, selain itu daun binahong juga dapat mengobati luka berdarah, mengobati jerawat, serta untuk perawatan kulit wajah.

Demikian artikel singkat tentang pengenalan dan manfaat daun binahong untuk kesehatan, semoga informasi diatas dapat memberikan manfaat serta dapat menambah ilmu pengetahuan yang berguna serta bermanfaat.

Artikel terkait lainnya: Reasksi minyak lintah kekulit

No comments:

Post a Comment

Back to Top